Catatan Latsar: Hari Kesembilan

by - Juli 10, 2019

Rabu, 10 Juli 2019. Yel-yel yang ditampilkan pada apel pagi ini hanya kelompok kami. hal ini karena kelompok 12 dan 13 persiapan seminar rancangan aktualisasi. Setelah kegiatan apel pagi selesai, kami masuk ke kelas. 

Pembelajaran di kelas sehari ini bersama Sopingi, BA,. SH.KN. Pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB kami belajar tentang Penjelasan Penulisan/Evaluasi Rancangan dan Aktualisasi dan Akuntabilitas PNS. Poin penting yang kami terima selama sesi ini adalah sebagai berikut:

  • Konsep adalah ide-ide yang dituangkan, disketsakan, digambarkan, dan dirancang secara beraturan
  • Aktual memiliki aspek: problematik, kekhalayakan, kelayakan, dan kekinian
  • Aktualisasi adalah konseo yang dikerjakan dalam kenyataan

    Langkah peserta latsar dalam melakukan aktualisasi adalah:
  1. tahap merancang aktualisasi
  2. tahap aktualisasi
  3. teknik seminar
  4. teknik komunikasi dan koordinasi
  5. menyusun laporan akhir
Selanjutnya kami berdiskusi bersama tentang diagnosa kepemimpinan menurut proses terbentuknya, faktor yang mempengaruhi, dan dampak bagi organisasi. Hal ini bermanfaat membentuk mindset peserta dalam membentuk nilai akuntabilitas seorang ASN. 

Setelah isya' kami apel, membagi kelompok bimbingan, dan menyiapkan bahan-bahan rancangan di laptop masing-masing. Pukul 22.00 WIB saat coretan sederhana ini kami ketik di blog ini, kami merasakan perlu istirahat segera. Sudah nggih, lanjut lagi esok. Saatnya mengisi ulang energi 😉

---- bersambung ----

Salam,
Agus Tri Yuniawan

You May Also Like

0 komentar