Catatan Latsar: Hari Kesebelas

by - Juli 13, 2019

Jumat, 12 Juli 2019. Kegiatan pagi adalah sebagaimana hari-hari sebelumnya. Selanjutnya kami makan dan melaksanakan apel. Ada yang baru pada kegiatan apel kali ini yaitu dengan hadirnya kelompok latsar angkatan 7 dan 8 yang akan melaksanakan evaluasi laporan aktualisasi. 

Kegiatan selanjutnya di pagi ini kami belajar bersama tentang nasionalisme bersama Bapak Andro Bayu Guntur Kusumo. Beliau menyampaikan bahwa nasionalisme adalah cinta tanah air, sedangkan patriotisme adalah kegiatan bela negara. Selanjutnya poin-poin yang beliau sampaikan yaitu:

  1. Pilar kekuatan bangsa terjajah untuk memperoleh kemerdekaannya (Soekarno)
  2. Pemutaran film tentang perjuangan kemerdekaan yang dilakukan oleh Presiden Soekarno di depan para tokoh dunia
  3. ASN harus berbudaya kerja. ASN yang capable alias punya kemampuan.
  4. Menjadi ASN yang wajib, sunnah, atau haram?
  5. Mengajar dengan sepenuh hati.
  6. Catatan Pelayanan Publik
  7. Pemutaran pidato Presiden Jokowi kepada para ASN untuk mengajak memperbaiki birokrasi.

Media sosial harus dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif dan menghindari pemanfaatan kepada hal-hal yang negatif seperti fitnah, provokatif, ujaran kebencian, dan sebagainya.

Peran ASN dalam perekat dan pemersatu bangsa. ASN perlu berperan dalam menepikan sikap-sikap intoleransi, sekulerisme, anarkisme, dan berbagai sikap lain yang dapat mengganggu keharmonisan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Materi selanjutnya berkaitan dengan etika publik. Sesi ini dipandu oleh Ibu Febriani Emilda dari Bapelkes Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan sampai pukul 21.00 WIB. Pada kesempatan ini kami belajar mendefinisikan etika, etika publik, moral, dan hal-hal yang berkaitan dengan sikap ideal seorang ASN. Etika merupakan ukuran baik-buruk, benar-salah, dalam suatu kelompok atau instansi, sedangkan moral berkaitan dengan adat istiadat masyarakat atau dalam sistem sosial. Kegiatan sampai dengan malam ini membuat fisik dan pikiran menjadi ekstra bekerja, sehingga di sela-sela kegiatan beliau melaksanakan ice breaking dan menyanyi baik individu maupun kelompok. Kegiatan diakhiri dengan PR tentang materi yang akan disampaikan esok yaitu etika publik. Alhamdulillah.

Salam,
Agus Tri Yuniawan

Foto Dokumentasi: Irkhamudin

You May Also Like

1 komentar