Catatan Latsar: Hari Keempat

by - Juli 05, 2019

Bismillah, Alhamdulillah.
Hari Keempat Latsar CPNS Gol. III Tahun 2019, Jumat, 05 Juli 2019.

Kegiatan pagi ini diawali dengan MFD, Mental Fisik Disiplin. Masih dingin, pukul 05.15 WIB. Kami melaksanakan MFD dengan dipandu oleh Pak Suparno dan Pak Sri Wahyudi dari Koramil Kecamatan Kasihan. Pada kesempatan ini kami belajar baris-berbaris. Pak Suparno menyampaikan dalam amanatnya, untuk menjadi ASN yang berkualitas, kami harus ikhlas, disiplin, dan melaksanakan ANEKA dalam menjalankan tupoksi di instansi masing-masing. Selesai sesi ini, kami istirahat dan sarapan di ruang menza lantai 1.

Ketua kelas, Irkhamudin, menyampaikan pada kami semua untuk hadir apel lebih pagi. Hal ini karena kelompok kami menjadi petugas apel. Sebelum apel diakhiri, dilaksanakan yel-yel masing-masing kelompok. Yang membekas di ingatan kami adalah adanya beberapa peserta latsar yang terlambat apel. Hal ini karena rekan-rekan kami tersebut adalah angkatan sebelumnya. Mereka telah melaksanakan latsar tahap 2 (aktualisasi) dan dilanjutkan hari ini melaksanakan latsar tahap 3. Ada yang terlambat hadir karena sakit, ada yang karena menjilidkan laporan. Atas hal ini, semua peserta apel harus menunggu sampai semua peserta apel lengkap. Konsekwensinya, jam apel berlangsung sampai hampir pukul 09.00 WIB.

Kegiatan selanjutnya adalah belajar di perpustakaan Bandiklat. Kami berkenalan dengan lingkungan perpus, mengisi daftar kunjungan perpus, dan membaca contoh-contoh rancangan dan laporan aktualisasi. Pukul 10.00 WIB kami masuk kelas untuk belajar Analisis Isu Kontemporer.

Sesi analisis isu kontemporer ini, Bapak Totok Suharto dan Bapak Pandita Pratyaksa mempresentasikan beberapa isu kontemporer di negara tercinta ini. Fenomena terorisme, bisnis narkoba, ujaran kebencian, hoaks, tindak pidana korupsi, tindak pidana pencucian uang, dan sebagainya didiskusikan pada sesi ini. Selanjutnya kemi semua diajak menganalisis isu-isu yang terjadi di instansi masing-masing.

Kegiatan analisis isu kontemporer yang terjadi di sekolah dilakukan dengan berdiskusi kelompok. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Isu prioritas dianalisis dengan metode USG. Setelah didapatkan masalah yang prioritas, kami menganalisisnya lebih lanjut dengan fishbone, pohon masalah, dan sebagainya. Penulis bercerita pada kawan-kawan latsar sekamar, ketika belajar analisis ini, kok jadi ingat proses sidang MK yang turut ditayangkan di tivi nasional beberapa waktu yang lalu. Hehe...

Kegiatan ditutup dengan apel malam pukul 21.00 WIB oleh ketua kelas. Kami kembali ke Asrama Pandu, melaksanakan isya berjamaah dan mempersiapkan energi untuk kegiatan esok hari.


----bersambung----

Salam,
Agus Tri Yuniawan



Foto Dokumentasi: Hapsari

You May Also Like

0 komentar