Catatan Latsar: Hari Keduapuluh

by - Juli 23, 2019

Kegiatan pada Ahad, 21 Juli 2019 kita ringkaskan disini, yak, karena kegiatan hari tersebut sebatas kegiatan mandiri dan penyelesaian RA, sekaligus biar pas postingan catatan latsar bandiklat di blog ini sampai hari ke-21. Pada hari kesekian tersebut, kata Sertu Sugiyono, telur ayam menetas, biar pas momennya😊

Senin, 22 Juli 2019. Kegiatan kami yang pertama adalah Evaluasi Akademik. Hari ini kami menjalani kegiatan evaluasi dengan mengerjakan soal sebanyak 75 butir. Soal-soal tersebut berkaitan dengan yang kami pelajari bersama sampai pekan terakhir ini. Model soal adalah pilihan ganda dengan lima opsi. Petugas membagikan buku soal bersampul biru berikut lembar jawabnya. Soal yang ada meliputi manajemen ASN, pelayanan publik, WoG, wasbang, ANEKA, yang disajikan dengan contoh-contoh kasus yang terjadi. Nuansa yang kami rasakan ketika mengerjakan soal seperti dulu ketika SKD dan SKB, meski kali ini kami menggunakan lembar jawab kertas. Setelah selesai, kami mengumpulkan kepada petugas.

Sesi kedua adalah tentang penjelasan aktualisasi. Hal ini perlu diberikan agar kami peserta latsar memahami sudut pandang dilaksanakannya aktualisasi di instansi masing-masing. Oleh karena itu, Ibu Wuryani menemani kami belajar pada sesi ini sampai sore. Intinya, kegiatan aktualisasi adalah mewujudkan RA yang telah kami susun menjadi kegiatan nyata yang bermanfaat di instansi. Jadi misal dibuat alur, yang kami laksanakan adalah: menyusun RA -> presentasi RA -> aktualisasi -> laporan aktualisasi -> presentasi laporan aktualisasi.

Tahap aktualisasi akan kami laksanakan satu bulan kedepan. Ibu Wuryani menyampaikan agar kegiatan ini terlaksana dengan baik, bermutu, dan bermakna, maka nilai-nilai ANEKA perlu dipahami dengan baik. Setiap kegiatan digali dengan maksimal agar ketemu nilai-nilainya. Itu.

Satu hal yang juga kami catat dari sesi kegiatan ini, beliau menyampaikan dalam presentasinya "Ordinary teacher can tell, good teacher can explain, excellent teacher can demonstrate, great teacher can inspire."

Sesi kegiatan selanjutnya adalah ceramah umum pukul 19.00 - 20.30 WIB. Pada sesi ini kami mendengarkan ceramah di ruang kelas Bodronoyo lantai 2, disambung beberapa informasi dan diskusi singkat, dan diakhiri dengan foto bersama. Alhamdulillah.


---- bersambung ----

Salam,
Agus Tri Yuniawan

Foto Dokumentasi: Hapsari

You May Also Like

0 komentar