Catatan Latsar: Hari Kedua

by - Juli 03, 2019

Bismillah, Alhamdulillah.
Hari Kedua, Latsar CPNS Gol. III Tahun 2019. Rabu, 3 Juli 2019.

Kegiatan hari ini diawali dengan jogging pada pukul 05.15 WIB. Kami melaksanakan pemanasan singkat dan selanjutnya berjalan berkeliling area sekitar Bandiklat. Perjalanan kami berlangsung sekitar 1 jam 15 menit. Udara yang sejuk, dinginnya embun menyapa kulit kami. Aneka pepohonan disepanjang jalan menjadi pemandangan yang indah. Hal ini memang lokasi di sekitar Bandiklat merupakan perbukitan yang sarat akan warna hijau dedaunan yang menyejukkan mata.

Pukul 6.45 kami mandi, sarapan, dan bersiap untuk apel pagi. Kegiatan apel pagi merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan setiap hari guna memulai aktivitas pendidikan dan pelatihan. Apel dilaksanakan di lapangan upacara bendera yang terletak di sebelah utara gedung Bodronoyo. Pada sesi ini dilaksanakan penyampaian amanat dari pembina apel yakni bapak-bapak/ibu-ibu pembina dari Bandiklat. Sebelum apel diakhiri dilaksanakan penyampaian yel-yel untuk menaikkan semangat semua anggota kelompok.

Pukul 08.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan Latsar secara resmi oleh Sekretaris Daerah DIY dan Bandiklat DIY. Dalam teks sambutan pembukaan acara ini, Sekretaris Daerah DIY menyampaikan kepada peserta untuk ikhlas dan sungguh-sungguh menjalankan tugas sebagai ASN. Setelah pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemotretan peserta.

Lelah, memang, terutama kaki-kaki kami. Hal ini karena memang kami harus naik-turun tangga dan berjalan kaki dari asrama ke ruang kelas. Namun hal ini tidak seberapa dibandingkan rasa syukur kami yang telah diberikan kesempatan. Kegiatan selanjutnya adalah menyimak paparan kebijakan pengembangan SDM Aparatur dan nilai-nilai ASN. Pada kesempatan ini, Bapak Kuncoro Cahyo Aji membimbing kami semua untuk memahami hal-hal mendasar mengenai nilai-nilai ASN. 

Selanjutnya, kegiatan sore sampai malam adalah menerima arahan tentang kebijakan penyelenggaraan pelatihan di Bandiklat ini. Ibu Lintang Ika Novida menyampaikan mekanisme penyelenggaraan diklat beserta landasan-landasan hukum yang menyertainya. Hal ini dilakukan guna membentuk pemahaman kami selaku peserta diklat tentang berbagai macam hal terkait kegiatan Latsar di Bandiklat DIY.

Kegiatan diakhiri dengan apel malam pada pukul 20.30 WIB. O iya, kami juga mendapatkan PR yaitu menyiapkan yel-yel kelompok. Oleh karenanya, malam ini kami mulai menyusun yel-yel sampai pukul 22.30, dan.... istirahat.


----bersambung----

Salam,
Agus Tri Yuniawan

You May Also Like

2 komentar