Silakan Diberi Judul Sendiri

by - Agustus 29, 2018

Jika Allah menakdirkan, engkau masih akan mengalami usia 40, 50, 60, 70, 80 tahun dst. Pada usia-usia itu, kebanyakan orang merasakan kesepian. Ajaibnya, situasi ini tidak bisa diatasi dengan uang. Jika imanmu selalu kuat sih tidak mengapa. Engkau hanya perlu membangun hubungan akrab dan asyik dengan Rabbmu. Namun ada kalanya sisi-sisi kemanusiaanmu menginginkan hadirnya orang-orang disekitarmu, engkau ingin diperhatikan, engkau ingin disapa, dilayani, baik oleh keluargamu, ataupun orang lain yang mau memperhatikanmu.

Engkau ingin merasa tenang di hari tuamu, tenteram disaat-saat menjelang hari perjumpaan dengan Rabbmu, tidak mau direpotkan dengan memikirkan dunia yang fana, cara berpikirmu telah banyak berubah. 

Maka, berusahalah menanam kebaikan-kebaikan mulai saat ini juga. Berusahalah menyayangi makhluk-makhluk Allah disekitarmu. Namun perhatikan pula niatmu. Jangan engkau kompensasikan kebaikan-kebaikan dan rasa sayangmu itu karena kamu ingin mendapat feedback di kemudian hari nanti. Engkau memberi jangan punya keinginan agar diberi lebih banyak. Karena bukti empiris menunjukkan tidak semua yang ditanam juga berbuah yang sama. Maka kalau cara berpikirmu seperti itu engkau berpotensi dikecewakan oleh pikiranmu sendiri.

Yang perlu kamu lakukan adalah cukup berusaha berbuat baik saja. Berusaha menyayangi makhluk-makhluk Allah. Semua sebagai refleksi cintamu pada Sang Khaliq. Dengan itu mudah-mudahan Dia meridhoimu. Engkau pun ridha terhadap setiap ketentuan yang ditakdirkanNya untukmu. Maka hatimu pun insyaa Allah akan selalu merasa cukup. Cukup untuk saat ini, esok, dan sampai akhir hayat nanti. Aamiin.

Salam,
Agus Tri Yuniawan

Sumber Gambar: Youtube

You May Also Like

1 komentar

  1. Subhanallah... matur nuwun atas inspirasinya mas Tri... Barakallah

    BalasHapus