SABAR

by - Januari 02, 2018


Kalaulah engkau haus lalu tiba-tiba saat itu juga datang orang menyuguhkan segelas es buah di depanmu, maka darimana datangnya pahala sabar? 

Jikalau orangtua punya anak 'ujug-ujug' dari kecil solih, hafal al-qur'an, taat dan manut sama orangtua, maka dari perkara mana orangtua mendapat pahala sabar? 

Kalau saja guru baru menyampaikan 1 kali materi sekonyong-konyong murid langsung bisa, hafal diluar kepala, kemudian bisa mempraktikkannya saat itu juga +plus muridnya nurut semua, maka dari pintu yang mana guru mendapat pahala kesabaran? 

Pada puncaknya, maka andaikan orang punya keinginan dan kemudian 'mak bedunduk'_kata orang Jawa_ hal itu terwujud didepan mata, maka dari jalan mana orang memperoleh pahala sabar? 

Para Sahabat pernah berkata, kalaulah Allah selalu saja, dan selalu memberikanku kemudahan-kemudahan setiap saat di saat ini, maka aku justru khawatir Allah tidak menyisakan kebaikannya bagiku kelak di akhirat. 

Allah menciptakan dunia seisinya dalam enam masa, padahal bisa saja Allah melakukannya dalam sekejab, tinggal berkata 'jadilah!' maka jadi. 

Nasihat bagi yang nulis status ini, sabarlah. Dan sahabat2ku yang membaca tulisan ini, semoga bermanfaat bagi sampeyan semua. 

Apakah sabar itu mudah? Tidak, sama sekali tidak mudah. Tetapi karena kita telah mengetahui ilmunya, semoga kita semua diberikan hidayah dan kekuatan oleh Allah. 

Kalau tulisan ini panjang, yg sabar ya bacanya, hehe, maafkan aku. 



Salam,

Agus Tri Yuniawan


Sumber Gambar: makalahnih[dot]blogspot[dot]com

You May Also Like

0 komentar